Cicilan Laptop: Rekomendasi dan Tips

Saat ini telah ada banyak tawaran secara online pada berbagai toko e-commerce untuk melakukan pembelian kredit cicilan laptop. Bahkan ada beberapa yang tidak menggunakan syarat kartu kredit dan tanpa uang muka.

Selain itu, cicilan laptop ada yang bunga 0% hingga 12 bulan. Namun, menurut pengalaman beberapa orang, membeli laptop dengan cicilan ini akan mendapat tambahan biaya pada program cicilan 0% melalui e-commerce. Lalu bagaimanakah cara menghindarinya?

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa informasi yang berkaitan dengan cicilan laptop. Langsung kita simak saja ulasan di bawah ini.

Pinjaman Laptop

1. Kartu Kredit

Kartu kredit merupakan pilihan cara pembayaran yang paling utama pada e-commerce. Anda cukup menuliskan nomor kartu kredit serta data-data lain yang diminta. Kemudian sistem pada e-commerce akan melakuakn cek ke bank penerbit kartu tersebut untuk selanjutnya validasi dan verifikasi.

Kartu kredit akan bertanya apakah Anda akan membayar lunas atau secara cicilan mulai dari 3 bulan hingga 12 bulan.

Pada setiap sistem angsuran, Anda dapat melihat jumlah angsuran setiap bulannya selama masa tenor yang telah Anda pilih.

Keuntungan memakai kartu kredit yaitu proses yang cepat karena Anda telah memiliki kartu kredit yang telah mendapat persetujuan.

2. Kredivo

Kredivo merupakan fintech P2P OJK yang menyediakan tawaran cicilan tanpa menggunakan kartu kredit. Fintech ini bekerjasama dengan beberapa merchant, salah satunya yakni Tokopedia.

Pada saat akan membayar transaksi belanja, nasabah dapat memilih Kredivo sebagai pilihan pembayaran dengan cara cicilan. Namun, hal tersebut dapat hanya bisa nasabah lakukan jika telah memiliki akun Kredivo.

Apabila belum memiliki akun, Kredivo juga menyediakan fasilitas agar nasabah dapat melakukan pengajuan permohonan aplikasi terlebih dahulu melalui merchant. Misalnya pada Tokopedia, jika Anda belum memiliki akun fintech ini maka terlebih dahulu dapat mengajukan aplikasi permohonan.

Baca Juga: Kredit HP Online Tanpa Survey Terpercaya

3. Akulaku

Akulaku merupakan fintech cicilan tanpa menggunakan kartu kredit guna membeli produk pada situs Akulaku sendiri. Selain itu jugab bisa melalui merchant e-commerce yang melakukan kerjasama dengan Akulaku.

Proses pengajuannya yakni nasabah harus terlebih dahulu menginstall aplikasi Akulaku. Kemudian, nasabah melakukan pengajuan dengan memenuhi semua syarat yang di minta.

Pengajuan Akulaku dapat di lakukan pada wilayah Jabodetabek, Jawa Tengah, Jawa Barat, Medan, Jawa Timur, Palembang, Padang, Bandung.

Apabila mendapat persetujuan, nasabah akan memperoleh kredit limit dari Akulaku. Kredit limit itulah yang akan nasabah pakai saat mengajukan cicilan tanpa menggunakan kartu kredit pada Akulaku.

Ketika melakuan transaksi pembelian di merchant, Akulaku ini akan muncul sebagai salah satu cara yang dapat Anda gunakan untuk pembayaran. Bagi Anda yang telah memiliki akun ini dapat memakainya untuk membayar dengan cara cicilan.

4. Home Credit

Home Credit memberikan tawaran pinjaman secara cicilan tanpa menggunakan kartu kredit bagi berbagai macam jenis barang. Tentunya termasuk juga dengan laptop pada berbagai merchant yang melakukan kerja sama dengan Home Credit ini.

Anda dapat memakai Home Credit ketika berbelanja secara online melalui Bukalapak, Tokopedia, Bibli, dan Bhinneka. Berikut caranya:

  1. Menentukan produk yang akan Anda beli di e-commerce.
  2. Menjadikan Home Credit sebagi pilihan pembayaran dan mengikuti petunjuk untuk mengisi form aplikasi yang tersedia.
  3. Menunggu pemberitahuan tentang persetujuan kredit Anda, kurang lebih selama 30 menit.
  4. Melakukan konfirmasi kontrak.
  5. Terakhir, barang yang Anda pesan langsung penjual kirimkan.

5. Cicil

Cicil termasuk sebagai salah satu aplikasi kredit online P2P OJK. Keunggulan yang Cicil miliki apabila dibandingkan dengan aplikasi cicilan tanpa kartu kredit lain yakni dapat digunakan bagi yang berstatus mahasiswa.

Seperti yang kita ketahui bahwa sangat mustahil untuk mahasiswa mengajukan pembelian barang secara kredit namun tidak memiliki kartu kredit. Hal ini karena mahasiswa belum mempunyai pendapatan tetap untuk membayar cicilan pinjaman.

Cicil hadir menjadi solusi dengan memberikan tawaran program cicilan tanpa menggunakan kartu kredit bagi kalangan mahasiswa. Pinjaman tidak hanya untuk melakukan pembelian barang saja. Namun juga dapat diguanakn untuk membayar biaya kuliah.

Ketentuan yang berlaku, yakni:

  1. Dapat memperoleh plafond hingga 80% dari biaya pendidikan
  2. DP 20% dari pinjaman
  3. Tenor mulai dari 1 bulan hingga 24 bulan.

Tips Cicilan Laptop Tanpa Kartu Kredit

Bagi Anda yang hendak melakukan kredit cicilan laptop, perhatikan beberapa tips di bawah ini:

1. Merencanakan Keuangan

Yang pertama dan paling utama adalah Anda harus memiliki rencana keungan yang baik agar pengeluaran untuk pembelian barang konsumsi dapat terkontrol secara baik dan masih pada tingkat yang wajar.

Meskipun namanya 0% namun tetap saja terdapat biaya bunga yang terselip pada biaya layanan.

2. Maximal Cicilan

Dengan pengambilan kredit cicilan laptop ini berarti akan menambah pengeluaran keuangan Anda setiap bulannya.

Jumlah maksimal yang sehat yakni total cicilan sebesar 30% dari pendapatan setiap bulan. Namun, Anda juga harus dapat memastikan bahwa pengeluaran setiap bulan untuk hal lain tidak boleh lebih dari 40% – 50% karena masih terdapat 10% untuk investasi serta menabung.

3. Cara Menghadapi Biaya Layanan

Sebagai contoh Anda mengambil cicilan laptop pada Tokopedia. Terdapat dua tambahan biaya pada cicilan 0% tersebut, yakni:

  1. Biaya layanan yang Tokopedia bebankan bagi pembayaran kartu kredit menggunakan cara cicilan bahkan untuk melunasi kartu kredit sekalipun.
  2. Biaya administrasi extra yang penerbit kartu kredit berikan bagi pengubahan transaksi belanja menjadi cicilan.

Untuk mengurangi biaya layanan Tokopedia tersebut, maka cara yang dapat Anda lakukan yaitu membayar lunas pada Tokopedia menggunakan kartu kredit. Setelah itu, telepon Customer Service penerbit kartu kredit dan meminta agar transaksi di ubah menjadi cicilan.

Tentunya cara di atas lebih murah jauh daripada Anda langsung mengubah menjadi cicilan 0% lewat Tokopedia.

Meskipun biaya layanan Tokopedia tetap ada, namun jumlahnya lebih kecil jika di bayar lunas daripada bayar secara cicilan.

Jika Anda ingin lebih murah lagi, bisa dengan belanja pada toko e-commerce yang tidak mengenakan biaya layanan. Kemudian di ubah ke cicilan 0% dengan mengontak pihak bank penerbit kartu kredit tersebut.

Baca Juga: Rekomendasi Pinjaman Online Cepat Cair Terpercaya

4. Alasan Pengajuan Kredit Tidak Diterima

Berikut beberapa alasan utama mengapa pengajuan kredit tidak diterima:

  1. Alamat tinggal tidak jelas
  2. Tidak memiliki pendapatan tetap atau pekerjaan
  3. Dokumen kurang atau tidak lengkap
  4. Tidak dapat persetujuan dari pasangan
  5. Pengajuan untuk orang lain
  6. Tidak dapat di hubungi

Kesimpulan

Belanja secara online saat ini telah dilengkapi dengan layanan kredit yang mudah dan cepat tanpa memerlukan kartu kredi dan uang muka.

Namun, saran kami sebelum melakukan kredit laptop ini, Anda perlu melakukan perhitungan dengan benar. Lakukanlah simulasi kredit cicilan laptop terlebih dahulu agar keuangan Anda tetap sehat.

Sekian artikel dari PartnerBisnismu tentang cicilan laptop. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *