Produk Perbankan Yang Penting Untuk Anda Ketahui

Bank umumnya dimengerti hanya sebagai tempat untuk menabung dan meminjam uang saja. Namun, sebenarnya masih ada banyak produk perbankan lainnya yang dapat Anda gunakan. Kami akan memberikan informasi beberapa dari produk bank tersebut.

Perbankan telah menguasai 40% pinjaman di Indonesia. Lainnya lagi sudah di kuasai oleh leasing, pinjaman online, koperasi, serta lembaga pembiayaan yang lain.

Porsi bank masih sangat dominan pada kehidupan keuangan masyarakat. Masih banyak orang yang membayangkan bahwa produk dari bank itu hanya tabungan dan kredit saja.

Akan tetapi, faktanya bank telah berkembang saat ini. Terdapat banyak produk perbankan yang lebih inovatif dan lahir dari kebutuhan masyarakat.

Apa itu Bank?

Terdapat dua kompenen utama yang ada pada neraca di bagian asset dan liabilitas, yakni:

  • Sebagian besar asset bank meliputi kredit atau pinjaman.
  • Sebagian besar kewajiban meliputi simpanan ataupun dana dari pihak ketiga.

Bank melakukan penerimaan dana dari masyarakat, kemudian bank mencatat sebagai kewajiban. Terakhir bank menyalurkan dana tersebut sebagai pinjaman ke kreditur yang adalah asset dari bank itu sendiri.

Bank mengambil keuntungna dari selisih bunga kredit dan biaya dana. Bunga pinjaman nominalnya lebih tinggi dari bunga tabungan, sehingga selisih itulah yang akan menjadi penghasilan dari bank.

Selain itu, bank juga memperoleh penghasilan dari sumber lainnya, seperti fee. Namun, jumlahnya tergolong kecil daripada pengucuran kredit.

Produk Perbankan

1. Tabungan

Tabungan merupakan produk simpanan yang paling terkenal dari bank. Nasabah akan menyimpan uangnya pada tabungan dan akan menerima imbalan berupa bunga.

Uang pada tabungan dapat nasabah ambil kapan saja baik tunai, transfer, maupun untuk melakukan berbagai pembayaran yang lain.

Kekurangan dari tabungan yakni bunga yang rendah dan adanya potongan untuk biaya admin tiap bulan. Rekening tabungan yang tidak aktif akan menyebabkan kerugian karea adanya potongan biaya yang lebih besar daripada penghasilan bunga.

2. Giro

Giro merupakan jenis rekening simpanan bagi kepentingan bisnis.

Keunggulan dari giro yakni untuk melakukan penarikan dana dapat memakai Cek, Bilyet Giro ataupun media penarikan lainnya sesuai ketentuan bank.

Giro memiliki sistem bunga harian yang progresif dan kompetitif. Sehingga, pemiliki Giro akan mempunyai kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari jasa giro yang lebih besar. Jika saldo rekening semakin besar, maka jasa giro yang nasabah peroleh juga akan semakin tinggi.

Baca Juga: Bunga Pinjaman Bank BRI ( Bank Rakyat Indonesia )

3. KUR

Bank merupakan penyalur utama dari Kredit Usaha Rakyat alias KUR. KUR adalah program milik pemerintah yang memberikan pinjaman untuk usaha melalui bunga kredit yang sangat rendah.

Bunga KUR yang mendapat subsidi dari pemerintah yakni sebesar 7% efektif setiap tahun atau setiap bulannya 0.41% flat.

Kredit Usaha Rakyat terbagi menjadi 3 kategori, yakni:

  1. KUR Mikro: kredit modal kerja atau inivestasi yang memiliki plafon pinjaman hingga Rp 25 juta per debitur.
  2. KUR Ritel: kredit investasi atau kredit modal kerja yang memiliki plafon minimum Rp 25 juta hingga Rp 500 juta per debitur.
  3. Kredit Usaha Rakyat (KUR) TKI: pembiayaan untuk calon TKI yang akan bekerja ke luar negeri yang memiliki plafon pinjaman maksimal Rp 25 juta

4. KPR

KPR merupakan kredit untuk mempunyai rumah. Jenis pinjaman ini memungkinkan orang membeli rumah dengan angsuran ke bank.

Harga rumah yang mahal dan kebutuhan primer mengenai tempat tinggal, memiliki rumah dengan cara kredit dapat menjadi jalan keluar. Sekitar kurang lebih 70% orang membeli rumah memakai pembiayaan kredit ini, menurut data dari Bank Indonesia.

Fitur kredit KPR ini antara lain:

  • DP atau Uang Muka
  • Jaminan
  • Tenor yang Panjang

5. ATM

Mungkin sudah banyak orang yang mengenal ATM. Namun, jaman dulu ATM merupakan sarana digital banking yang pertama kali.

Mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) merupakan milik bank yang beroperasi selama 24 jam sehari. Memiliki fungsi sebagai terminal dalam melakukan transaksi perbankan. Misalnya seperti penarikan uang, transfer, setor tunai, ataupun transaksi lainnya.

6. Internet Banking

Internet bankin merupakan sebuah sistus dari perbankan yang dapat nasabah akses dimanapun dan kapanpun melalui PC maupun ponsel.

Keunggulan yang internet banking miliki yaitu proses transaksi dengan bank dapat nasabah lakukan melalui dunia maya, sehingga tidak perlu bertemu. Bank dapat membuat fitur personalisas bagi pemenuhan kebutuhan unik setiap penggunanya yang berbeda-beda.

7. Trade Financing

Bank memberikan bantuan bagi nasabah yang akan melakukan perdagangan internasional, dengan memberikan produk pembiayaan berikut ini:

  • Letter of Credit (L/C)
  • Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (SKBDN)
  • Standby Letter of Credit (SBLC) / Guarantee

8. Cash Management

Setiap bisnis memerlukan alat yang dapat memonitor aliran uang secara efektif dan efisien. Sehingga bank menyediakan tawaran layanan Cash Management ini.

Cash Management System merupakan jalan keluar bagi layanan perbankan menggunakan internet. Sehingga akan memberi kemungkinan suatu perusahaan bagi pelaksanaan monitoring. Selain itu juga dapat melakukan transaksi keuangan sendiri secara langsung dengan tidak dibatasi tempat dan waktunya karena secara online.

Layanan yang tersedia antara lain:

  • Cash pooling
  • Virtual Account
  • Cash Pickup and Delivery
  • Pajak

9. Reksadana

Reksadana merupakan produk investasi yang dapat Anda beli melalui bank. Produk ini menawarkan return yang lebih tinggi dan juga beberapa opsi instrumen keuangan yang bermanfaat untuk melakukna diversifikasi.

Terdapat banyak orang yang memiliki keinginan untuk berinvestasi pada insturmen saham, obligasi dan indeks, namun tidak memahaminya. Maka Reksadana ini dapat menjadi solusi.

Proses investasi pada Reksadana pada bank saat ini mudah karena terhubung dengan internet banking dan mobile banking. Beberapa kemudahan yang Reksadana miliki antara lain:

  • Investasinya dapat mulai dari Rp 100 ribu
  • Pencairan pada Reksadana di lakukan dalam waktu 3 hari hingga 4 hari ke rekening tabungan nasabahnya.

10. Bancassurance

Bank memberikan tawaran berbagai produk asuransi lewat kerjasama dengan perusahaan asuransi. Asuransi sebenarnya yaitu produk dari  perusahaan asuransi. Akan tetapi inovasi sedemikian supaya sesuai dengan kebutuhan nasabah perbankan.

Jenis produk asuransi yang umumnya di tawarkan antara lain:

  • Asuransi Jiwa: memberi proteksi bagi resiko meninggal dunia.
  • Asuransi Unit Link: memberi proteksi bagi resiko meninggal dunia dan investasi masa depan.
  • Kesehatan : memberi proteksi bagi resiko rawat inap di rumah sakit.
  • Umum: memberi proteksi bagi berbagai macam aspek. Misalnya seperti property (banjir, gampa bumi, kebakaran) hingga kendaraan.

Baca Juga: Cara KPR Rumah Agar Lolos Persetujuan Bank

11. Obligasi

Produk perbankan yang terakhir yakni obligasi. Obligasi merupakan salah satu instrument investasi yang memberikan tawaran penghasilan tetap dari pembayaran bunga. Bunga obligasi ini di tawarka atas deposito dan tabungan.

Kesimpulan

Bank merupakan salah satu bagian penting di kehidupan masyarakat. Sebagian orang menyimpan uangnnya pada bank, memakai ATM untuk transaksi, serta meminjam uang dari bank.

Sebenarnya masih ada banyak lagi produk dari bank selain tabungan dan kredit seperti yang sudah kami jelaskan di atas.

Sekian artikel dari PartnerBisnismu tentang produk perbankan. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *