Tabungan Haji Terbaik di Indonesia Tahun 2021

Tabungan Haji merupakan cara dimana dapat mengumpulkan dana secara Syariah bagi mereka yang memiliki keinginan untuk berangkat Haji tapi terkendala oleh uang. Saat ini telah tersedia banyak tawaran untuk Tabungan Haji Syariah. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan referensi Tabungan Haji Syariah terbaik.

Pergi Haji merupakan keinginan bahkan juga menjadi cita-cita umat Islam karena termasuk salah satu rukun Islam yang wajib untuk dipenuhi bagi mereka yang mampu. Masa antrian keberangkatan haji reguler di Indonesia sendiri sangat lama, berkisar antara 15 hingga 20 tahun.

Waktu tersebut lumayan panjang untuk dapat mempersiapkan dana naik Haji. Oleh karena itu, bank memiliki keinginan untuk membantu masyarakat mewujudkan keinginannya. Sehingga bank membuat produk tabungan haji yang dijadikan solusi dalam mengumpulkan dana untuk naik haji.

Baca Juga: Pinjaman Online Cepat Cair

Tabungan Haji Terbaik

Berikut daftar tabungan Haji terbaik:

  1. Bank Syariah Mandiri (BSM)

Tabungan Mabrur merupakan tabungan dalam bentuk mata uang rupiah yang digunakan untuk membantu terlaksananya ibadah haji dan umrah. Tabungan ini dibuat berdasarkan prinsip Syariah dengan menggunakan akad mudharabah muthlaqah.

Syarat untuk menjadi nasabah tabungan Mabrur Haji dan Umroh pada Bank Syariah Mandiri (BSM) adalah umat Islam yang telah memiliki umur minimal 17 tahun serta memiliki minat untuk menunaikan ibadah Haji dan Umrah.

Fitur yang dimiliki Tabungan Haji anak BSM adalah:

  • Berdasar prinsip syariah dengan menggunakan akad mudharabah muthlaqah
  • Nama yang tertulis di buku tabungan merupakan nama anak
  • Tidak bisa dicairkan kecuali jika akan digunakan untuk melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji/Umrah
  • Jumlah setoran awal minimum Rp 100 ribu, setoran berikutnya minimum Rp 100 ribu, dan saldo minimumnya Rp 100 ribu.
  • Jumlah saldo minimum agar dapat didaftarkan ke SISKOHAT yaitu Rp 25,1 juta ataupun sesuai dengan ketentuan Kementrian Agama.
  • Biaya penutupan rekening karena tidak jadi atau batal yakni sebesar Rp 25 ribu
  1. BRI Syariah

Tabungan Haji BRI Syariah yaitu simpanan dengan menggunakan akad bagi hasil yang sesuai dengan prinsip syariah bagi calon Haji yang mempunyai tujuan untuk memenuhi kebutuhan Biaya Perjalanan Ibadah Haji.

BRI Syariah untuk anak memiliki fitur, antara lain:

  • Jumlah setoran awalnya minimal RP 50 ribu, setoran selanjutnya minimum Rp 10 ribu
  • Biaya administrasi tabungan tidak dipungut alias gratis
  • Nama yang tercantum pada buku tabungan adalah nama anak
  • Bisa didaftarkan ke SISKOHAT setelah usia anak di atas 12 tahun.
  1. Tabungan Haji Muamalat

Simpanan Haji Muamalat merupakan tabungan iB Hijrah Haji yang adalah sebuah layanan pada perbankan Syariah Muamalat dengan menggunakan akad Wadi’ah. Tabungan haji ini dapat dikelola secara praktis dan juga fleksibel, dimana nantinya hanya dapat dicairkan untuk membiaya perjalanan Haji atau Umrah.

Jumlah setoran awal tabungan Haji Muamalat ini tidak ada serta saldo minimum juga tidak ada. Biaya penutupan rekeningnya pun Gratis. Tabungan ini fleksibel karena kita dapat memilih dan mengatur sendiri jumlah setorannya serta jangka waktu untuk menabung disesuaikan dengan paket yang tersedia.

Syarat membuka tabungan yakni:

  • Orang dewasa : Fotokopi KTP/SIM dan NPWP
  • Anak-anak : Identias orang tua (bisa menggunakan KTP atau NPWP) dan Akta Kelahiran atau Kartu Keluarga (KK).

Jika tidak atau belum mempunyai NPWP maka dapat mengisi formulir keterangan belum mempunyai NPWP di kantor cabang Bank Muamalat terdekat.

  1. CIMB Niaga Syariah

Tabungan iB Rencana Haji merupakan tabungan haji yang ada pada bak Niaga Syariah. Tabungan ini memiliki jangka waktu dan berdasar pada akad Mudharabah Muthlaqah untuk bisa mewujudkan rencana ibadah haji melalui sistem setoran rutin tiap bulannya.

Untuk dapat membuka tabungan ini yaitu wajib mempunyai tabungan transaksional CIMB Niaga pada 1 CIF yang bisa dijadikan sebagai rekening sumber dana pendebetan (kecuali tabungan simpanan pelajar dan Tabungan Investor Account).

Yang perlu Anda ketahui yaitu:

  • Laporan mutasi tabungan akan dikirim ke nasabah tiap 3 bulan sekali atau bisa melalui phone banking, Go Mobile, dan CIMB Clikcs
  • Target waktu yang disediakan dari 6 bulan hingga 240 bulan dan target dana terkecil Rp 2,4 juta.
  • Tidak ada minimum setoran awal, tetapi setoranrutin bulanannya minimum Rp 100 ribu.
  • Biaya bulanan gratis, biaya admin gagal debet Rp 2.500/bulan setelah 2 kali gagal debet, biaya penupuan rekening sebelum jatuh tempo Rp 50.000
  1. Tabungan Haji BNI Syariah

Simpanan atau Tabungan haji ini merupakan BNI Baitullah iB Hasanah yang adalah tabungan menggunakan akad Mudharabah atau Wadiah. Tabungan ini akan dipergunakan untuk sarana memperoleh kepastian porsi berangkat ibadah Haji (Reguler/Khusus) serta merencanakan ibadah Umroh sesuai dengan keinginan nasabah melalui sistem setoran bebas ataupun bulanan dalam mata uang Rupiah dan USD.

Yang perlu diperhatikan yakni:

  • Tidak dikenakan biaya pengelolaan rekening bulanan dan biaya penutupan rekening (khusus untuk tabungan rupiah)
  • Terdapat fasilitas asuransi kecelakaan diri bagi nasabah tabungan Baitullah Mudharabah dengan saldo lebih dari Rp 5 juta.
  • Bagi hasil akad Mudharabah yaitu nasabah 10% dan bank 90%

Kelebihan dan Kekurangan Tabungan Haji

Di bawah ini merupakan beberapa hal penting yang harus diperhatikan tentang kelebihan dan juga kekurangan dari simpnan Haji, antara lain:

  1. Pada dasarnya tabungan Haji merupakan tabungan yang memiliki jangka waktu dengan akad sesuai Syariah, dimana nasabahnya dapat melakukan simpanan dana secara rutin dan berjangka sesuai yang telah ditentukan hingga target dana untuk haji tercapai. Dan dana yang berada di tabungan hanya dapat diambil untuk pergi Haji atau Umrah.
  2. Sistem yang digunakan untuk melakukan penghitungan imbal hasi tabungan Haji adalah sistem Syariah dimana nantinya akan terdapat bagi hasil antara bank dengan nasabahnya, yang telah dicantumkan pada website bank atau dapat juga ditayakan langsung ke kantor cabang saat mau membuka tabungan.
  3. Beberapa bank terkoneksi secara online dengan sistem Haji Depag, SISKOHAT. Jadi akan dapat membantu proses keberangkatan Haji. Namun, yang perlu Anda ingat bahwa minimal saldo agar bisa mendaftar Haji sekarang yaitu Rp 25 juta.
  4. Tersedia asuransi jiwa dan kecelakaan apabila nasabah mengalami musibah, dimana tabungan haji dapat dialihkan ke ahli warisnya.
  5. Selain melalui tabungan berjangka pda bank, alternatif pembiayan Haji lainnya yaitu melalui Reksadana Syariah. Disitu akan memberikan manfaat apabila dibandingkan dengan penyimpanan Haji pada bank. Berikut manfaatnya: imbal hasilnya lebih tinggi, nominal minimum untuk bisa investasi cukup kecil yakni mulai dari Rp 10 ribu, dan transaksi yang dilakukan 100% melalui online menggunakan aplikasi serta tanda tangan digital.

Baca Juga: Bisnis Online 

Penutup

Simpanan haji menawarkan cara untuk mengumpulkan dana yang akan digunakan ketika pergi haji dan umrah yang sesuai dengan Syariah. Sekarang sudah banyak pilihan tabungan haji yang tersedia. Kita hanya perlu pandai untuk memilih yang paling sesuai dengan kondisi serta keadaan kita. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *