Transfer Uang Ke Luar Negeri, Begini Caranya

Transfer uang ke luar negeri merupakan kebutuhan banyak orang, namun biayanya mahal dan waktu tibanya pun juga lama. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan cara transfer uang ke luar negeri dengan biaya murah. Kami menemukan salah satu caranya yaitu melalui satu bank, biayanya sangat murah alias gratis, bahkan tidak dengan syarat apapun.

Beberapa orang mungkin perlu untuk melakukan transfer uang ke luar negeri. Walaupun saat ini telah zaman teknologi, era fintech, namun transfer valas atau remittance masalahnya tetap sama saja, yakni biaya yang mahal.

Biaya Transfer Uang ke Luar Negeri

Hampir seluruh bank memberikan fasilitas transfer ke luar negeri atau istilah lainnya yaitu remittance.

Kami melakukan pengecekan pada aplikasi mobile banking untuk mengetahui berapa biaya yang harus dikeluarkan apabila akan melakukan pengiriman uang ke luar negeri dalam bentuk mata uang asing.

BCA Remittance

Bank BCA mempunyai layanan yang bernama BCA Remittance. Layanan tersebut dapat nasabah pakai bagi pengiriman uang valas. Tentunya dengan keunggulan dana yang diterima di luar negeri sama dengan uang yang nasabah kirimkan.

Hal yang perlu Anda ketahui yaitu bahwa pada transfer valas akan terjadi suatu masalah yang sering muncul. Masalah tersebut yaitu uang yang kita transfer tidak sampai di luar negeri pada jumlah yang sama peris. Penyebabnya karena terdapat berbagai potongan biaya ketika pada perjalanan pengiriman.

BCA Remittance mengatasi hal tersebut melalui memberikan jaminan bahwa uang yang akan di terima pada mata uang tujuan jumlahnya akan sesuai dengan yang nasabah kirimkan. Contohnya, Anda mengirimkan $100, mka penerima juga akan menerima senilei $100, tidak kurang dan tidak lebih.

Untuk biaya transfer BCA Remittance yaitu $25 setiap kali transaksi. Apabila di rupiahkan dengan asumsi kurs Rp 14 ribu, maka biayanya akan menjadi Rp 350 ribu per transfer valas.

Baca Juga: Cara Transfer Uang ke Rekening Orang Tanpa ATM

CIMB Niaga Internet Banking Transfer Internasional

CIMB Niaga memiliki fasilitas transfer uang ke luar negeri yang menarik. Fasilitas tersebut yakni Anda dapat melakukannya melalui internet banking pada CIMB Clicks.

Pada internet banking CIMB Clicks, Anda mempunya opsi untuk melakukan transfer internasional. Yang mana opsi tersebut harus menginputkan nomor rekening dan data lain untuk mengirimkan uang ke luar negeri.

Walaupun melakukannya secara online, namun terdapat pembatasan waktu. Anda hanya dapat melakukan transaksi internasional yakni pada pukul 06.00 WIB hingga 23.00 WIB. Dengan cara online ini tentu saja akan sangat membantu.

Anda tidak perlu repot-repot lagi mendatangi kantor cabang untuk melakukan transfer luar negeri tersebut. Hanya melalui laptop atau komputer saja Anda sudah dapat melakukan transaksi internasional.

Biaya transaksinya yaitu sebesar $25 setiap kali transaksi. Apabila kita rupiahkan dengan asumsi kurs Rp 14 ribu, maka biaya tersebut menjadi Rp 350 ribu per pengiriman valas.

Mandiri Online Internet Banking

Bank Mandiri juga memberikan fasilitas transfer melalui Mandiri online internet banking.

Namun, setelah kami melakukan pengecekan, nampaknya fitur transfer ke rekening di luar negeri tidak tersedia. Yang tersedia hanyalah transfer ke dalam negeri.

Sepertinya, apabila hendak melakukan pengiriman uang ke luar negeri, Anda harus mendatangi kantor cabang yang terdekat. Kemudian melakukan pengisian lembaran transfer dan melakukan pengiriman lewat loket teller Bank Mandiri.

Kami melakukan pengecekan ke Bank Mandiri bahwa biaya transfernya lebih mahal daripada BCA Remittance dan CIMB Niaga. Biaya tersebut yaitu $25 bagi mata uang USD dan $30 bagi mata uang non USD. Apabila kita rupiahkan dengan asumsi kurs Rp 14 ribu, maka biaya tersebut menjadi Rp 350 ribu. Tentunya biaya tersebut dikenakan untuk setiap transfer valas bagi mata uang USD.

Citibank

Citibank merupakan bank asing yang memiliki network luas. Sehingga sudah dapat kita pastikan bahwa Anda dapat melakukan transfer ke luar negeri. Biaya untuk transfer yaitu sebesar $35 untuk setiap kali transfer. Tentu biaya yang tidak murah.

Jenius BTPN

Berdasarkan pengalaman bahwa membuka rekening valas pada Jenius itu sangat mudah. Terdapat layanan pengiriman uang ke luar negeri yang mudah juga dan murah melalui aplikasi debit Bank BTPN ini.

Di bagian dalam aplikasi Jenius, ternyata tidak terdapat informasi atau bagian yang berkaitan dengan pengiriman uang ke luar negeri. Dan ternyata memang Jenius ini tidak mempunyai fasilitas untuk pengiriman uang ke luar negeri.

Digibank DBS, Gratis Biaya Transfer ke Luar Negeri

Melakukan transfer ke luar negeri valas lewat Digibank DBS tidak dikenakan biaya transfer alias gratis. Lalu bagaimana caranya? Yuk simak caranya di bawah ini:

1. Membuka Rekening Digibank

Digibank merupakan aplikasi mobile banking DBS. Untuk pembukaan rekeningnya Anda melakukan melalui aplikasi tersebut. Berikut caranya:

  • Unduh aplikasi Digibank by DBS.
  • Mengisi data diri, kemudian verifikasi menggunakan sidik jari pada booth digibank. Atau bisa juga dengan memanggil agen digibank di manapun.

2. Fitur Digibank

Berikut fitur yang Digibank miliki:

  • Top up e-wallet
  • Virtual Assistant
  • Spending Tracker
  • Gratis tarik tunai pada seluruh ATM bank lain apabila rata-rata saldo sebesar Rp 1juta
  • Gratis transfer di dalam negeri ke seluruh bank apabila rata-rata saldo sebesar Rp 1juta
  • Transfer valas ke luar negeri

3. Proses Transfer Valas

Proses transfer valas antara lain:

  • Membuat rekening tujuan kemudian pilih fitur transfer valas pada aplikasi Digibank
  • Tentukan mata uang yang akan Anda gunakan
  • Menyiapkan uang dalam rupiah pada rekening Digibank, yang kemudian akan dikonversi sesuai dengan kurs Bank DBS yang ada lewat online.

4. Biaya Transfer = Nol

Biaya untuk transfer valas dari Digibank DBS yakni nol rupiah alias gratis tidak di pungut biaya sama sekali. Bahkan untuk menikmati biaya transfer gratis ini tanpa persyaratan apapun.

5. Kapan Tiba Uangnya

Waktu pengiriman uang juga terbilang lumayan cepat. Misalnya, apabila hari ini Anda melakukan transfer, maka besoknya atau paling lambat lusa, uang telah berhasil masuk pada rekening tujuan. Namun, hal tersebut hanya berlaku pada hari kerja. Ketika hari libur, proses transfer baru akan di jalankan ketika hari kerja.

Baca Juga: Valuta Asing: Pengertian, Fungsi, Kurs, Sistem

6. Tidak Semua Negara Biayanya Nol

Hal yang harus Anda ketahui bahwa tidak seluruh negara tujuan gratis biaya transfer. Yang mendapat gratis biaya transfer yaitu negara tujuan yang mempunyai tanda “DBS Remit”. Misalnya negara-negara besar seperti Eropa, UK, USA, dan lainnya.

Penutup

Setiap orang yang mengirim uang ke luar negeri pasti mengalami mahalnya biaya. Biaya yang mahal ini sumbernya selain dari fee transfer juga dari kurs yang tidak kompetitif.

Akan tetapi, saat ini seiring dengan majunya teknologi keuangan, khususnya Fintech, hadir penawaran baru mengirim uang ke luar negeri dengan memakai teknologi digital ini. Tentunya pengiriman uang pun menjadi lebih murah.

Sekian artikel dari PartnerBisnismu tentang transfer uang ke luar negeri. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *