UangMe: Pengertian, Cara Pengajuan dan Pembayaran

UangMe merupakan salah satu jasa yang menyediakan layanan pinjaman uang tunai secara online tanpa menggunakan jaminan dan syarat yang di minta hanya KTP saja, dapat cari dalam waktu 24 jam.

Perkembangan teknologi Fintech saat ini menjadikan orang dapat mengajukan kredit melalui online secara cepat dan mudah, berbeda jika melalui bank, proses yang di lewati lebih lama dan juga sulit.

Akan tetapi, kemudahan fintech ini juga menyebabka timbul banyak fintech ilegal yang merugikan peminjam, baik dari segi bunga yang tinggi ataupun cara menagih yang tidak sesuai dengan ketentuan.

Oleh karena itu, apabila Anda berminat untuk mengajukan pinjaman secara online, pilihlah perusahaan yang telah terdaftar di OJK, supaya dapat memperoleh proses pinjaman yang sesuai dengan aturan. Salah satunya adalah UangMe.

Aplikasi UangMe

Terlebih dahulu Anda harus mendownload aplikasi UangMe lewat Google Play Store. Saat ini, aplikasi tersebut hanya ada di Android.

Kemudian, bukalah Aplikasi UangMe, kemudian registrasi dengan mengisikan data diri sesuai perintah yang tersedia. Jangan lupa untuk menyiapkan KTP dan nomor rekening bank atas nama Anda.

UangMe menyediakan tawaran pinjaman cicilan dengan plafon mulai Rp 400 ribu hingga Rp 2 juta, pilihan tenor yang di tawarkan yaitu 3 bulan dan 4 bulan. Perusahaan peminjaman online ini melayani seluruh daerah yang ada di Indonesia

Syarat pengajuan kredit yang harus dipenuhi antara lain:

  1. Warna Negara Indonesia (WNI). Tidak menerima bagi WNA.
  2. Memiliki usia minimal 21 tahun
  3. Mempunyai KTP

Cara Pengajuan UangMe

Langkah-langkah pengajuan terdiri dari berikut ini:

1. Informasi Diri

Data diri meliputi:

  1. Nama lengkap calon nasabah
  2. Gelar tertinggi yang dimiliki
  3. Alamat dan lokasi tempat tinggal
  4. Lama tinggal
  5. Nama akhir dari ibu kandung

Semua informasi data diri ini wajib untuk diisi, karena apabila tidak maka Anda tidak dapat melanjutkan  ke proses selanjutnya.

Hal penting yang harus Anda ingat bahwa penulisan nama lengkap harus sesuai KTP dan Rekening Bank, karena aplikasi UangMe akan secara otomatis memakai nama yang Anda tulis untuk nama rekening bank dan Anda tidak dapat mengubahnya.

2. Data Pekerjaan

Apabila Anda bekerja, maka selanjutnya isikan data yang berkaitan dengan pekerjaan dan penghasilan Anda per bulan. Bagian ini penting, karena melalui inilah fintech dapat menilai apakah calon nasabahnya memiliki kemampuan untuk mengembalikan pinjaman atau tidak.

Data yang wajib Anda isi:

  1. Bidang pekerjaan
  2. Gaji per bulan yang diperoleh
  3. Lama masa kerja
  4. Nama perusahaan tempat bekerja
  5. Alamat, kode pos, dan no telp perusahaan
  6. Tanggal penerimaan gaji

3. Kontak Darurat

Tahap selanjutnya adalah menuliskan kontak darurat. Terdapat 2 kontak darurat yang harus Anda isi.

Pada setiap kontak, Anda harus mengisikan nomor HP yang aktif dan hubungan. Jenis kontak yang mendapat izin hanyalah pasangan, saudara, dan kerabat.

Yang terpenting, pada saat mengisikan nomor kontak, Anda harus mengambil nomor tersebut melalui buku kontak yang ada di ponsel. Anda tidak dapat menuliskan nomor HP kontak dengan cara manual.

4. Data KTP dan Foto Selfie

Dokumen yang perlu dilampirkan yaitu KTP dan foto selfie. Kedua dokumen tersebut wajib diambil memakai kamera dari ponsel yang digunakan untuk apply pinjaman di UangMe.

Perusahaan pinjol ini akan meminta akses lokasi perangkat, kamera, serta video pada ponsel Anda.

Data KTP yang telah Anda foto tadi akan langsung dibaca oleh sistem, kemudian aplikasi akan menampilkan kembali hasil foto Anda tadi, apabila ada yang kurang tepat Anda dapat melakukan koreksi.

Selanjutnya, Anda mengambil foto selfie menggunakan kamera pada aplikasi tersebut. Pada saat selfie tidak perlu sambil memegang KTP, namun hanya memandang ke aplikasi sambil mata berkedip kemudian tengok ke kanan kiri supaya aplikasi dapat mengenali dan mengambil foto dengan baik.

5. Bunga dan Biaya Pinjaman

Dengan bunga sebesar 23.7% satu bulannya, kemudian asumsi sebulan 30 hari, maka UangMe akan memberi bunga sebesar 0.79% per harinya atau sesuai dengan cap bunga maksimum dari ketentuan OJK yakni sebesar 0.80% per hari.

Baca Juga: Pinjaman Tanpa Bi Checking: Pengertian dan Contoh

6. Data Rekening Bank

Tahap terakhir yang harus Anda lakukan sebelum melakukan pengiriman pengajuan yaitu mengisikan data rekening bank yang akan di pakai pada saat pencairan pinjaman apabila di setujui nantinya.

Tuliskan nomor rekening dan nama bank pada kolom yang telah disediakan. Sementara itu untuk nama rekening, aplikasi ini akan mengambil langsung dari nama calon nasabah. Anda tidak dapat mengubah nama pada rekening.

Oleh sebab itu, Anda perlu memastikan bahwa nama yang tertulis pada saat mengisi informasi diri sama dengan nama pada rekening untuk pencairan kredit.

7. Pencairan Pinjaman

Jika pengisian data dan verifikasi telah selesai, tunggulah hingga kurang lebih satu hari atau 1×24 jam, kemudian Anda akan menerima notifikasi melalui telepon bahwa pengajuan pinjaman Anda telah disetujui, lalu masuk lagi ke aplikasi untuk memproses pencairan.

UangMe akan mengirimkan SMS yang berkaitan dengan keberhasilan proses verifikasi akun Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengecek status verifikasi melalui aplikasi UangMe.

Cara Pembayaran

UangMe memberikan beberapa metode pembayaran dan juga menentukan denda bagi keterlambatan pembayaran.

Pembayaran kewajiban pinjaman dapat dilakukan melalui:

  1. Alfamart
  2. Transfer melalui Bank Permata
  3. Melakukan Transfer melalui Bank BNI
  4. Transfer melalui Bank BCA

Bagi setiap metode pembayaran, UangMe akan memberikan no virtual account yang menjadi tempat tujuan nomor rekening pada saat melakukan pelunasan yang jatuh tempo.

Anda juga akan mendapatkan pesan ataupun panggilan sebagai pengingat, sampai dengan lima hari sebelum tanggal jatuh tempo tagihan.

Untuk jumlah dendanya sesuai dengan ketentuan pada Perjanjian Pinjaman yaitu sebesar per hari 0.8% dari nilai pokok pinjaman.

Denda terlambat sama dengan bunga per hari, jadi apabila terlambat maka beban bunga per harinya menjadi dua kali lipat.

Akan tetapi, ketentuan OJK membatasi bahwa semua biaya, termasuk dengan bunga, biaya layanan, biaya keterlambatan, dan lainnya, maksimum adalah sebesar 100% dari jumlah pokok pinjaman.

Contohnya, Anda melakukan pinjaman dana sebesar Rp 400 ribu, maka jumlah semua biaya, termasuk dengan bunga serta dengan, maksimum yaitu Rp 400 ribu (100% dari pokok) sesuai dengan ketentuan OJK yang berlaku.

Penutup

Maraknya pinjaman online yang ilegal atau tanpa izin yang resmi, mengakibatkan terjadinya dampak negatif pada masyarakat. Dampak negatif tersebut antara lain: bunga yang sangat tinggi, cara penagihan yang tidak manusiawi, dan lainnya.

UangMe hadir sebagai solusi bagi Anda yang ingin melakukan peminjaman online yang aman dan resmi karena telah terdaftar di OJK. Pinjaman online yang satu ini menawarkan kecepatan dan juga kemudahan pada saat melakukan pinjaman tunai jangka pendek, maksimal 30 hari dengan bunga 0.79% per harinya.

Sekian artikel dari PartnerBisnismu tentang UangMe. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *