12 Cara Beli Saham Secara Online Dengan Mudah

Glacierpartnerscorp.com – Beli saham online merupakan suatu cara yang mudah untuk melakukan investasi bagi pemula. Melalui jual beli saham secara online, maka waktu yang digunakan menjadi lebih hemat, selain itu juga harga lebih mudah, dan lebih cepat saat melakukan transaksi.

Walaupun saham merupakan investasi yang terbaik, namun masih sedikit masyarakat di Indonesia yang bermain saham. Menurut data Bursa Efek Indonesia (BEI) menunjukkan bahwa jumlah investor saham yang aktif di bursa hanya sekitar 97.688. Jumlah ini terbilan sangat sedikit apabila dibandingkan dengan jumlah penduduk yang ada di Indonesia.

Itu semua dikarenakan literasi keuangan tentang pasar modal dan saham masih rendah di Indonesia. Menurut hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) di tahun 2016, tingkat literasi atau pemahaman masyarakat Indonesia sendiri terhadap pasar modal hanya 4.40% serta tingkat utilitas pasar modalnya sekitar 1.25% saja.

Apakah Anda termasuk salah satu orang yang ingin mengetahui cara beli saham BCA atau beli saham unilever, dan cara bermain saham online secara gratis? Berikut simak saja penjelasannya.

Cara Beli Saham Online Terpercaya Dengan Mudah:

12 langkah penting yang harus diperhatikan sebelum beli saham secara online, yaitu:

1. Memilih Broker Saham

Langkah awal Anda harus menetukan terlebih dahulu dan memilih broker saham. Tersedia banyak broker yang adalah anggota di Bursa Efek Indonesia (BEI) sehingga Anda harus memilihnya. Namun, semua broker yang tercatat di BEI mumpuni secara keuangan.

Kali ini kita berfokus pada jual beli saham secara online, sehingga Anda bisa memilih broker yang mempunyai aplikasi saham online yang bagus dan dapat diandalkan.

Beberapa broker mempunyai dummy-trade yang dapat Anda pakai untuk melakukan kegiatan evaluasi apakah aplikasi jual beli saham yang broker punya tersebut bagus atau tidak.

2. Membuka Rekening Saham

Langkah berikutnya yaitu membuka rekening saham. Untuk membuka rekening saham wajib dilakukan karena jika Anda melewati langkah ini maka tidak dapatĀ  melakukan transaksi saham.

Pada broker yang baik, ia akan menyediakan fasilitias untuk pembukaan rekening secara online. Anda hanya akan diminta untuk mengisi formulir pembukaan rekening secara online dan kemudian mengirimkan dokumen yang telah ditandatangani.

3. Membuka Rekening Saham Dana Nasabah

Yang harus Anda lakukan bersamaan selain membuka rekening saham di broker adalah pembukaan Rekening Dana Nasabah (RDN), karena ini juga tidak kalah pentingnya.

Jika rekening saham digunakan untuk melakukan jual beli saham, sedangkan RDN merupakan rekening yang dibuat oleh bank dan dikhususkan untuk menyimpan semua dana transaksi dari jual beli saham.

Setoran modal dan hasil penjualan saham juga akan disimpan di RDN. Walaupun Anda telah membuat rekening saham, namun jika RDN belum dibuat, maka Anda masih tetap belum bisa mulai melakukan transaksi saham.

4. Menyetor Modal untuk Saham

Setelah Anda memiliki rekening saham dan RDN, maka selanjutnya melakukan setoran dana untuk melakukan transaksi saham. Setoran modal ini dilakukan ke RDN. Untuk jumlahnya tergantung dari jumlah transaksi saham yang akan Anda lakukan.

Menurut pengalaman, pertama kali harus melakukan deposit terlebih dahulu, setelah itu baru dapat melakukan transaksi jual beli saham. Apabila transaksi pertama telah berhasil, maka transaksi berikutnya Anda dapat melakukan pembayaran kewajiban dalam jangka waktu 2 hari sejak transaksi.

5. Transaksi Beli Saham Online

Berikut cara beli saham melalui aplikasi online :

  1. Tentukan terlebih dahulu saham yang akan dibeli. Jangan lupa untuk mengingat kode sahamnnya supaya lebih mudah.
  2. Ketika melakukan order, Anda akan diminta untuk menentukan pada harga berapa akan membeli saham tersebut dan di aplikasi akan nampak harga penawaran dan harga penjualan.
  3. Apabila pembelian ingin efektif, maka Anda perlu memasang harga beli sama dengan harga penjualan terendahnya.
  4. Namun jika ingin membeli harga yang lebih murah, maka Anda perlu memasang pada harga dibawah harga jual yang terendah.
  5. Pemasangan order beli akan mengikuti prioritas harga dan juga waktu
  6. Jika transaksi berhasil, lakukan pengecekan pada halaman Portfolio yang menunjukkan jumlah kepemilikan saham Anda.

6. Transaksi Jual Saham Online

Cara menjual saham online:

  1. Tentukan saham yang akan dijual serta tentukan harga dan jumlah lembarnya
  2. Penentuan harga jual akan mempengaruhi tingkat kecepatan transaksi dilakukank. Apabila ingin dijual cepat maka pasang di harga beli tertinggi pasar tersebut. Namun, jika ingin hasil penjualan yang lebih besar, makan pasanglah di harga jual yang lebih tinggi.

7. Mengubah Order Saham Online

Saat melakukan jual beli saham, Anda dapat mengubah harga beli atau harga jualnya sesuai dengan kondisi pasar. Di dalam aplikasi disediakan fasilitas untuk melakukan pengubahan harga tersebut.

8. Settlement Transaksi di Saham

Pada kegiatan jual beli biasanya Anda harus membayar saat transaksi dilakukan. Jadi, ada uang ada barang begitu istilahnya. Namun, hal ini berbeda jika di bursa saham. Pada bursa saham penyelesaian transaksi dilakukan dalam jangka waktu dua hari perdagangan sejak transaksi tersebut dilakukan.

9. Fee Transaksi Saham

Pada perdagangan saham, Anda diharuskan untuk membayar fee atas transaksi saham kepada broker yang telah mengeksekusi order transaksi. Biaya transaksi saham yang harus dibayar antara lain:

  • Brokerage fee sebesar 0.15% dari total transaksi
  • Pajak atas fee transaksi sebesar 10%
  • Fee untuk Bursa Efek Indonesia (BEI)
  • Fee KPEI

10. Analisa Fundamental Saham

Yang dimaksud dengan analisa Fundamental merupakan salah satu metode yang digunakan untuk menentukan nilai ataupun harga saham. Analisa Fundamental ini menggunakan laporan keuangan sebagai basis untuk menentukan serta melakukan penghitungan harga saham yang wajar.

11. Stock Screener

Mungkin beberapa diantara Anda ada yang kesulitan untuk menentukan saham dengan mudah, apalagi tersedia banyak saham di bursa yang tentu tidak mudah untuk diingat. Namun, Anda dapat memulainya dengan memakai fitur stock screener yang tersedia gratis di broker. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk memfilter saham berdasarkan dengan kriteria pilihan Anda.

12. Diverifikasi

Diverifikasi merupakan kunci pada investasi saham. Cara yang bisa dilakukan untuk mengelola resiko saat investasi saham adalah dengan tidak menempatkan investasi pada satu atau dua saham saja, namun membaginya atau melakukan diversifikasi ke dalam banyak saham.

Tujuan dari diverifikasi yakni agar ketika harga saham anjlok, Anda masih memiliki kekuatan untuk bertahan karena tidak semua investasi saham Anda anjlok.

Salah satu strategi diverifikasi yang paling terkenal yaitu membeli index fund, yaitu beli semua saham sesuai dengan bobot yang ada pada index, sehingga keuntungannya akan mengikuti keuntungan index.

Penutup

Saham merupakan investasi terbaik karena memiliki return tertinggi dan juga likuiditas tinggi. Namun, sayangnya jumlah investor saham di Indonesia ini masih tergolong sangat sedikit. Seiring berkembangnya teknologi fintech, saat ini beli saham menjadi lebih mudah dilakukan karena melalui online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *