eToro Indonesia: Cara Membuat Akun

Apakah dapat bermain saham pada pasar USA secara sukses, mudah dan juga murah? Jawabannya tentu saja bisa. Terdapat beberapa investor berasal dari Indonesia yang sukses bermain saham atau berinvestasi di luar negeri. Mereka melakukan investasi tersebut salah satunya melalui social trading apps eToro Indonesia.

Saham merupakan salah satu jenis instrument investasi yang menyediakan tawaran return paling menarik daripada instrument yang lainnya.

Sekarang investasi saham di luar negeri caranya sangat mudah melalui adanya kemajuan pada teknologi fintech ini. Tidak hanya itu saja, fee yang diberikan juga murah dan minimal jumlah depositnya sangat terjangkau.

Mengapa Membeli Saham Amerika Serikat?

Terdapat banyak manfaat yang akan nasabah peroleh jika melakukan investasi ke luar negeri, antara lain:

1. Akses Global

Pasar di luar negeri mempunyai potensi yang besar sekali. Bayangkan saja ukuran ekonomi USA dan China yang menguasai GDP dunia, tempat di mana perusahaan terbesar dan terbaik di dunia berada.

Investor memiliki kesempatan untuk melakukan pembelian saham perusahaan-perusahaan yang mempunyai skala global pada negara-negara tersebut.

Yang perlu Anda ketahui adalah kapitalisasi satu perusahaan Apple pada USA sama saja dengan kapitalisasi semua perusahaan publik yang ada pada Bursa Efek Indonesia (BEI) jika digabungkan. Jumlah yang besar, bukan?

Baca Juga:

2. Perusahaan Terbaik di Dunia

Apakah Anda tidak menginginkan untuk membeli saham Google, Facebook, Amazon, Apple, atau Tesla? Tentu beberapa di antar kalian memiliki keinginan tersebut.

Perusahaan ini merupakan korporasi dari giant yang kita semua tentu memakai produk dari mereka. Kita juga mengetahui bahwa mereka memiliki kinerja yang bagus serta mendunia.

Namun, akan sangat disayangkan jika Anda tidak dapat mempunyai saham mereka dan tidak turut menikmati perjalanan sukses perusahaan-perusahaan besar tersebut. Namun, kesempatan tersebut saat ini tersedia.

Bukan berarti kami menyuruh Anda untuk meninggalkan saham-saham yang terdapat pada perusahaan di Indonesia. Tentu tidak!

Hal ini merupakan bagian dari diversifikasi investasi yang krusial sekali ketika membangun portofolio.

3. Diversifikasi

Melalui dapat melakukan pembelian saham yang terdapat pada berbagai negara, Anda akan mempunyai kesempatan untuk diversifikasi portofolio. Karena di dalam situasi dunia ini penuh dengan ketidakpastian sehingga sangat penting untuk melakukan diversifikasi.

Misalnya, apabila Anda memiliki akses ke pasar dunia saat ini. Maka, Anda dapat secara mudah untuk menentukan investasi pada negara yang paling cepat melakukan recovery dari pandemi Covid 19.

Anda dapat membeli perusahaan-perusahaan farmasi yang saat ini sedang melakukan pengembangan pada vaksin Covid 19 terdepan. Sehingga, Anda memiliki kesempatan yang sangat luar melalui masuk ke bursa global.

4. Variasi Produk

Varian produk pada USA ini sangat luas, yakni:

  • Perusahaan dengan skala besar dalam S&P 500. Misalnya seperti Coca Cola, Google, Apple, dan lainnya.
  • Perusahaan dengan skala kecil atau small cap pada Russell Index yang menjanjikan return lebih tinggi.
  • Exchange Traded Fund atau ETF merupakan fund yang di jual pada pasar saham. Memberikan tawaran beberapa jenis instrument, seperti emas, property, dan pasar negara berkembang.

Karena terdapat banyak pilihan produk, maka dapat membuat investor dengan lebih leluasa untuk melakukan penyusunan portofolio sesuai dengan tunjuan keuangannya. Tidak hanya itu saja, diversifikasi investasi juga dapat investor lakukan secara efektif karena terdapat banyak produk yang di tawarkan.

Memilih Broker

Mungkin selanjutnya dalam pikiran Anda muncul pertanyaan, bagaimanakah cara untuk mencari brokernya?

Transaksi saham tidak dapat di laksanakan tanpa adanya broker. Sehingga tentu Anda membutuhkan broker asing agar dapat melakukan investasi pada pasar Amerika Serikat.

Dahulu, untuk mencari broker saham di luar negeri tidak mudah. Karena adanya berbagai persyaratan yang sulit dan juga minimal deposit yang cukup tinggi hingga ribuan US$.

Namun, saat ini, jaman telah berubah. Melalui adanya kemajuan pada financial technologi alias fintech, banyak broker yang memberi kemudahan bagi pembelian saham pada pasar internasional.

Terdapat salah satu broker untuk berinvestasi saham pada luar negeri yakni eToro Indonesia yang memiliki berbagai manfaat bagi investor pemula:

  1. Biaya minimal untuk membuka akun hanya $200 agar dapat bermain saham pada pasar USA. Tentu jumlah ini sangat terjangkau.
  2. Komisi sebesar 0% alias tidak terdapat komisi ketika melakukan jual beli saham pada pasar USA. Sementara untuk pasar yang berada di luar USA akan di kenakan komisi.
  3. Investor sungguh-sungguh melakukan pembelian saham lewat eToro. Apabila nantinya saham yang Anda beli melalui eToro memberikan deviden, maka investor akan beli atas nama sendiri. Dan selanjutnya akan menerima pembayaran deviden. eToro juga memberikan tawaran CFD saham, yang mana investor akan memperoleh deviden apabila perusahaan membagikannya.
  4. Jumlah minimal transaksinya senilai $50. Sehingga, apabila nilai harga sahamnya lebih besar dari $50, maka investor eToro dapat membeli in fraksi atau tidak full. Jadi, maksudnya hanya membeli sebagain saja dari total harga saham. Karena yang terpenting nilai pembeliannya sebesar $50.

Cara Membuat Akun eToro Indonesia

Sebelum melakukan pembukaan akun, Anda mungkin akan bertanya mengenaik legalitas dari eToro yang adalah broker internasional ini. eToro telah memiliki izin broker internasional yang lengkap, antara lain:

  • Australia: Australian Securities and Investments Commission (ASIC) lisensi Australian Financial Service License 491139.
  • UK: Financial Conduct Authority (FCA) lisensi nomor FRN 583263.
  • Cyprus: Cyprus Securities Exchange Commision (CySEC) lisensi nomor #109/10

Saat ini eToro telah melayani lebih dari 13 juta trader yang tersebar di seluruh dunia.

Berikut ini cara membuat akun eToro:

1. Buka Akun

Membuka akun dapat investor lakukan melalui website dan aplikas. Agar dapat melakukan transaksi pada eToro maka harus memenuhi beberapa hal yakni mengisi formulir pembukaan rekening, menunggu verifikasi, menyetor uang deposit.

2. Deposit $200

Berikutnya Anda harus melakukan setor dana, jumlah minimalnya $200 agar dapat mulai melakukan trading. Dana $200 tersebut di setorkan dalam mata uang Rupiah, bukan US$. Caranya transfer ke rekening bank lokal di Indonesia, PayPal, atau Kartu Debit Visa dan Mastercard.

3. Membeli Saham Fraksi

Fitur in fraction pada eToro sangat membantu bagi investor ritel yang punya dana terbatas karena dapat membeli saham menurut nilai minimum investasi. Jadi, bukan menurut jumlah lembar saham.

4. Copy Trade

eToro terkenal dengan platform pelopor copy trade. Sebagai investor saham yang masih pemula dapat “on the job training” melalui memakai fasilitas copy trade yang tersedia.

Baca Juga: Software Trading Saham Terbaik dan Terpercaya

Penutup

Pasar saham internasional memberikan tawaran berbagai keuntungan. Tidak hanya return saja, melainkan juga diversifikasi, variasi produk, serta saham-saham yang terbaik.

Supaya dapat masuk ke dalam pasar USA, maka Anda perlu memiliki broker yang mumpuni dan dapat diandalkan. Selain itu,  juga memiliki minimal deposit yang rendah serta legalitasnya sudah terakui pada seluruh dunia. Salah satunya contohnya yaitu eToro.

Sekian artikel dari PartnerBisnismu tentang eToro Indonesia. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *