Investasi: Pengertian, Jenis, Keuntungan dan Kerugian

Investasi merupakan bagian yang sangat penting di dalam mengelola keuangan keluarga. Bahkan saat ini investasi telah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat. Investasi cukup menguntungkan, selain itu juga bermanfaat untuk menjaga kekayaan. Meskipun terjadi resesi ekonomi, nilai investasi tidak akan turun, tetapi naik.

Sayangnya, masih ada banyak masyarakat Indonesia yang tidak mau melakukan investasi. Rendahnya minat untuk investasi ini dikarenakan tidak terlepas dari banyak masyarakat yang berpendapat bahwa investmen hanya bisa dilakukan oleh orang-orang kaya saja.

Walaupun demikian, pemikirian tersebut sekarang terus mengalami pergeseran seiring berjalannya waktu. Investasi menjadi semakin mudah untuk dijangkau masyarakat yang memiliki penghasilan rendah sekalipun. Hal ini akan mengakibatkan dampak yang besar pada pertumbuhan investation di Indonesia.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai beberapa jenis investation yang bisa Anda pilih, serta cara bagaimana cara supaya dapat memilih instrument investasi yang baik dan cocok bagi Anda. Langsung di simak saja ulasan di bawah ini.

Baca Juga: Cara Beli Saham Secara Online

Jenis-Jenis Investasi

Investasi merupakan menempatkan uang pada instrument keuangan dalam jangka waktu yang telah ditentukan dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan yang lebih tinggi di masa akan datang.

Komponen yang ada pada investasi terdiri dari:

  • Menyisihkan uang pendapatan untuk tidak dikonsumsi
  • Dana akan ditempatkan di instrument keuangan yang memiliki jangka waktu
  • Memiliki harapan yaitu mendapat return ataupun keuntungan yang lebih besar

1. Saham

Saham merupakan investasi finansial dengan return yang paling baik. Ini dapat dibuktikan dari adanya banyak penelitian yang menyebutkan dan juga dari kinerja historis saham.

Yang perlu disiapkan untuk investasi saham, antara lain:

  1. Mempelajari sebaik mungkin tentang bagaimana cara melakukan investasi saham. Jangan berinvestasi karena ikut-ikutan, melainkan berdasar pengetahun dan keyakinan Anda.
  2. Memilih saham blue-chip yakni saham yang paling baik di bursa, misal Bank BCA, Unilever, Telkom, dan perusaah lain yang kinerjanya telah teruji puluhan tahun.
  3. Melakukan diversifikasi investasi melalui menempatkan dana pada berbagai instrument sehingga ketika harga saham anjlok, Anda masih tetap dapat bertahan pada jangka panjang di investasi saham.
  4. Lakukan investasi saham untuk jangka panjang, karena hanya pada jangka panjang inilah Anda dapat memperoleh return saham yang optimal.

2. Obligasi

Obligasi merupakan surat hutang yang dikeluarkan oleh sebuah lembaga tertentu, bisa perusahaan ataupun pemerintah. Salah satu jenis obligasi yang terkenal dan dikeluarkan oleh pemerintah yakni SBN (Surat Berharga Negara).

SBN banyak peminatnya karena memiliki suku bunga lebih dari 6%, tentu ini sangat menarik dan juga memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi.

Ada 3 jenis SBN yang ditawarkan yaitu:

  1. Saving Bond Ritel (SBR)
  2. Suku Tabungan
  3. Obligasi Negara Ritel (ORI)

Keuntungan dari SBN bisa didapatkan melalui dua cara yaitu:

  1. Anda memegang SBN hingga jatuh tempo, maka akan memperoleh bunga SBN yang telah ditetapkan sejak awal.
  2. Anda menjual SBN sebelum jatuh tempo pada pasar sekundur, yang nantinya akan dibeli oleh investor lain, dengan harga tertentu.

3. Emas

Emas merupakan investasi yang tak lekang oleh waktu dan sangat populer. Harga emas relatif stabil dan sering dijadikan safe heaven pada saat terjadi krisis sehingga instrument ini selalu diminati oleh banyak orang. Selain itu, emas juga cocok digunakan untuk investasi jangka pendek karena resikonya rendah.

Beberapa keuntungan yang bisa didapat ketika membeli emas secara online yaitu:

  1. Proses untuk jual beli emas sangat mudah karena dapat dilakukan melalui aplikasi tanpa perlu pergi ke kantor cabang, seperti Pegadaian Digital dan Brankas LM Antam.
  2. Tidak adanya resiko emas palsu.
  3. Resiko kehilangan emas tidak terlalu besar pada investasi emas online, karena fisik emas yang telah dibeli akan langsung disimpan oleh tempat kita menabung emas online
  4. Saat ini emas juga dapat dibeli melalui platform e-commerce, seperti Tokopedia.
  5. Jumlah minimum untuk melakukan investasi emas online sangat terjangkau, yaitu ada salah satu e-commerce yang menerima investasi emas mulai dari Rp 5 ribu.

4. Reksadana

Kebanyakan orang tidak memiliki pengetahuan yang lebih tentang investasi. Reksadana adalah solusi yang cocok untuk digunakan investor pemula. Karena pada instrument ini, pengelolaan akan diserahkan ke ahlinya yakni Manajer Investasi.

Beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dari Reksadan yaitu:

  1. Proses yang dilakukan sangat mudah. Semua transaksinya melalui online tanpa bertemu secara langsung. Bahkan saat ini juga dapat dilakukan melalui e-commerce seperti Tokopedia dan Bukalapak.
  2. Jumlah nominal agar bisa berinvestasi di Reksadana cukup kecil yakni mulai dari Rp 10.000

5. Tabungan Berjangka

Simpanan Tabungan berjangka merupakan salah satu produk perbankan yang berupa tabungan dengan bunga yang dimiliki diatas bunga tabungan biasa. Tabungan berjangka ini akan memberikan keuntungan yang lebih besar dan berada di atas laju inflasi.

Perbedaan dari tabungan berjangka dan tabungan biasa adalah pada tabungan berjangka ada komitmen untuk tidak melakukan penarikan uang dari tabungan selama periode tertentu. Dan apabila Anda menarik uang tersebut, maka akan dikenakan denda penarikan.

Tabungan berjangka tidak mempunya resiko karena ini adalah produk bank. Sehingga tidak mungkin apabila uang Anda akan hilang. Selain itu, investasi ini sangat cocok untuk tujuan jangka pendek.

Jaman dulu jika ingin membuka tabungan berjangka, maka Anda harus datang ke kantor cabang terdekat bank yang diinginkan. Namun, saat ini dengan majunya teknologi dan adanya aplikas M-Banking, Anda dapat membuka tabungan berjangka melalui online.

6. Property

Property merupakan investasi yang sudah dikenal banyak orang. Apalagi, sekarang tanah di kota-kota besar semakin terbatas, sehingga membuat investasi apartemen menjadi semakin banyak ditawarkan.

Dua sumber keuntungan yang diharapkan dari berinvestasi property, yakni:

  1. Pertama, dari kenaikan harga property ini dikarenakan seiring semakin terbatasnya lahan dan populasi penduduk yang kian bertambah terutama pada kota besar.
  2. Kedua, dari uang hasil sewa property apabila property yang disewakan memberikan pendapatan rutin selama masa sewa tersebut.

Kerugian dari berinvestasi property apartemen, antara lain:

  1. Pada kenyataannya harga property tidak selalu naik karena harga property saat ini menurun dibanding beberapa tahun yang lalu.
  2. Terlambat atau tidak jadi bangunannya
  3. Proses pemecahan sertifikan apartemen memerlukan waktu yang lama apabila dibandingkan dengan rumah, sehingga mengakibatkan Anda tidak dapat memanfaatkan sertifikat apartemen.

Baca Juga: OVO PayLater

Kesimpulan

Terdapat berbagai jenis investasi yang ada. Karena banyaknya jenis ini seharusnya membuat masyarakat dapat lebih mengeksplor dan tidak hanya terpaku pada tabungan ataupun deposito saja guna memperoleh hasil yang menguntungkan.

Apalagi ditambah dengan kemajuan teknologi fintech yang saat ini kian berkembang, sehingga proses investmen dapat dilakukan dengan cara online yang tentunya lebih mudah dan terjangkau. Semoga bermanfaat!S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *