OVO PayLater: Cara Daftar dan Proses Pembayaran

OVO PayLater merupakan cicilan yang dapat dilakukan tanpa menggunakan kartu kredit yang memiliki limit pinjaman yang bisa dipakai untuk berbelanja di Tokopedia dan gerai lainnya yang melakukan kerjasama dengan OVO.

Bagi Anda yang belum mengetahui tentang OVO PayLater, tepat sekali jika Anda membuka artikel ini, karena kami akan memberikan ulasan singkat mengenai OVO PayLater. Mari disimak ulasan di bawah ini.

Pengertian OVO PayLater

Seperti yang kita ketahui, baru-baru ini OVO meluncurkan produk baru yang bernama OVO PayLater. Di aplikasi OVO sendiri sudah tersedia fitur PayLater. Pengertian sederhananya adalah fitur ini digunakan untuk melakukan pembayaran di kemudian hari untuk investasi.

OVO PayLater merupakan sebuah aplikasi keuangan yang berbasis digital (financial technology) dimana aplikasi ini akan memberikan layanan bagi penggunannya untuk membeli barang terlebih dahulu dan membayarnya kemudian.

Fungsi OVO PayLater

Fitur PayLater pada OVO merupakan fasilitas cicilan tanpa menggunakan kartu kredit dimana penggunanya dapat membeli barang sekarang dan membayarnya nanti pada saat tangga jatuh tempo. Saat ini telah hadir dalam bentuk Kredit Limit. Dapat digunakan untuk melakukan kegiatan transaksi melalui aplikasi Tokopedia dan situs lain yang melakukan kerjasama dengan OVO.

Pilihan tenor yang tersedia ada 3, yaitu:

  • 3 bulan
  • 6 bulan
  • 12 bulan

Tidak semua pengguna OVO bisa langsung mendapat fitur PayLater. Pihak OVO mempunyai kriteria tersendiri pada saat memberikan fitur ini ke setiap pengguna. Salah satu kriteria yang bisa mendapat fitur ini aalah pengguna yang tinggal di daerah Jabodetabek dan umur akun yang dimilikinya minimal 6 (enam) bulan.

Cara Mendaftar OVO PayLater

  1. Harus Mengupgrade ke OVO Premier

OVO Premier merupakan sebuah fasilitas dimana penggunanya dapat menikmati transfer secara gratis ke semua Bank dan ke sesama pengguna, serta memiliki limit saldo OVO cash mencapai Rp 10 juta.

Berikut langkah untuk mengupgradenya:

  • Memfoto KTP pada temapt yang telah ditentukan menggunakan kamera ponsel
  • Selanjutnya, lakukan konfirmasi data KTP apakah sudah benar atau belum
  • Lalu, mengambil foto diri kita dengan memegang KTP dengan cara selfie menggunakan kamera hp
  • Upload hasil foto tadi
  • Tekan tombol “Proses” tujuannya agar proses upgrade berlanjut
  • Selesai
  1. Pengajuan

Langkah berikutnya adalah pengajuan ke aplikasi OVO Pay Later. Caranya yaitu mengisikan data pribadi yang diminta serta menuliskan alamat lengkap sesuai KTP. Biasanya data pribadi yang diminta adalah data-data umum seperti nama, alamat, data pekerjaan, dan kontak yang dapat dihubungi. Setelah selesai menuliskan data yang diminta, tunggu lah hingga keluar keputusan hasil pengajuan.

  1. Limit Pinjaman

Untuk menunggu hasil keputusan pengajuan tidak memerlukan waktu yang lama, biasanya tidak sampai 24 jam maka akan muncul notifikasi bahwa aplikasi telah disetujui.

Limit yang diberikan ke pengguna pinjaman adalah Rp 1 juta. Ini merupakan nilai limit untuk pinjaman yang pertama. Meskipun nilai limit tidak terlalu besar, namun Anda sudah bisa menggunakannya untuk transaksi yang dibayar dengan cara mencicil.

Fitur OVO PayLater di Tokopedia

Yang membedakan OVO Pay Later dengan lembaga lain yang mewarkan cicilan adalah dari segi prosesnya yang cepat dan bunga yang mampu bersaing serta fiturnya yang menarik. Apabila akun di Tokopedia Anda terpilih dan sudah memenuhi syarat, maka akan muncuk pilihan untuk melakukan aktivasi.

Cara pendaftaran Pay Later OVO di Tokopedia:

  1. Mengunggah foto selfi diri Anda yang sedang memegang KTP
  2. Isikan identitas yang diminta
  3. Tunggu persetujuan untuk aktivasi. Tidak sampai 1 jam Anda akan menerima notifikasi persetujuan.

Pengguna bisa memakai OVO Pay Later dengan minimum transaksi Rp 10 ribu saja. Ada beberapa fitur yang diberikan ketika menggunakan Pay Later, yaitu:

  1. Anda bisa membeli barang apa saja dan membayarnya pada akhir bulan.
  2. Mudah dalam melakukan pengecekan. Semua riwayat transaksi dapat Anda lihat pada halaman OVO Pay Later.
  3. Untuk pembayaran pemakaian Pay Later OVO dapat dibayarkan melalui Indomaret, ATM, dan lainnya.

Limit yang diberikan oleh Pay Later dapat dipakai untuk semua transaksi Tokopedia, kecuali:

Digital : Tagihan Kartu Kredit, Angsuran Kartu Kredit, E-Money, Donasi, Zakat, dan Gift Card.

Keuangan : Emas dan Reksadana

Suku Bunga Pada OVO PayLater

Seperti yang lainnya, pengguna fitur OVO Pay Later ini juga akan dikenakan biaya layanan. Biaya layanan yang dikenakan sebesar 5% dari total transaksi.

Cicilan dengan menggunakan fitur OVO Pay Later jika dihitung akan lebih murah daripada menggunakan pinjaman online. Meskipun proses pencairannya sama-sama cepat, namun bunga yang diberikan pada pinjaman online sebesar 20% per bulannya.

Perlu Anda ketahui bahwa OVO Pay Later tidak dapat digunakan sebagai dana tunai karena harus bentuk pembiayaan transaksi pembelian. Sedangkan pinjaman dana online akan memberikan dana tunai  kepada peminjam.

Cara Membayar PayLater

Tagihan akan diberikan kepada pengguna setiap tanggal 27 per bulannya dan harus dibayarkan paling lambat tanggal 1 bulan berikutnya.

Untuk melakukan pembayaran dapat melalui berbagai metode yang ada di situs atau aplikasi Tokopedia, kecuali untuk metode yang berbasis kredit contohnya Kartu Kredit, Kredivo, dan semacamnya.

Tersedian dua macam pilihan untuk melakukan pembayaran tagihan Pay Later OVO, antara lain:

  1. Melakukan pembayaran secara penuh atau dengan membayarkan semua jumlah tagihan yang terdapat pada halaman tagihan.
  2. Atau dengan membayar sebagian saja. Pembayaran minimumnya sebesar 50% dari jumlah tagihan yang terdapat pada halaman tagihan.

Perbedaan OVO PayLater dan Pinjaman Online

Berikut ini beberapa perbedaannya :

  1. Proses pengajuan OVO Pay Later lebih mudah daripada pinjaman online, pengisian datanya juga lebih singkat.
  2. Bunga di OVO Pay Later lebih murah apabila dibandingkan dengan bunga dari pinjaman online.
  3. Apabila pengguna tidak membayarkan tagihan atau menunggak maka akan dikenakan bunga sebesar 0.10% dari total tagihannya. Tentu saja denda yang diberikan lebih rendah dari denda keterlambatan pada pinjaman online.
  4. OVO Pay Later hanya dapat dipakai untuk membiayai pembelian barang dan jasa di Tokopedia dan tidak dapat dicairkan dalam bentuk uang. Sedangkan pinjaman online, mereka menawarkan dana tunai.
  5. Limit pada Pay Later lebih rendah apabila dibandingkan dengan limit pinjaman online.

Penutup

Anda dapat menjadikan Pay Later OVO sebagai alternative untuk melakukan pembiayaan pembelian barang di Tokopedia. Hanya dengan bermodalkan KTP saja Anda sudah dapat menggunakan OVO Pay Later.

Bunga yang diberikan juga sangat menarik karena besarnya di bawah 3% per bulan, lebih rendah daripada bunga pinjaman online pada umumnya. Namun, sayangnya tidak semua pengguna OVO bisa menggunakan fitur ini. Itulah informasi mengenai OVO PayLater. Semoga melalui artikel ini dapat bermanfaat dan membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *