Daftar Sekuritas Terbaik Indonesia 2021

Sekuritas merupakan salah satu faktor penting yang terdapat pada saham. Mencari perusahaan sekuritas terbaik Indonesia adalah hal yang krusial tidak hanya bagi investor yang telah memiliki banyak pengalaman namun juga bagi investor pemula.

Pada investasi, perusahaan sekuritas atau broker mempunyai peranan yang sangat krusial. Uang milik Anda berharga, sehingga Anda harus mempercayakannya pada sekuritas supaya dapat melakukan transaksi pada bursa saham. Oleh karena itu, perlu untuk memilih perusahaan sekuritas yang tepat dan terbaik. Di bawah ini kami akan membahas mengenai perusahaan sekuritas terbaik.

Pengertian Sekuritas

Perusahaan sekuritas merupakan perantara bagi pedagang efek yang sudah mempunyai izin usaha dari Bapepam dan memiliki hak untuk menggunakan sistem dan atau sarana yang ada di Bursa Efek sesuai dengan peraturan yang berlaku pada Bursa Efek.

Pengertian di atas menekankan beberapa hal penting, yakni:

  1. Sekuritas merupakan perantara pedagang efek. Salah satu dari jenis efek yakni saham.
  2. Sekuritas diwajibkan untuk memiliki izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK (Bapepam). Tidak boleh sembarang lembaga menjadi sekuritas agar dapat bertransaksi pada Bursa Efek.
  3. Sekuritas diwajibkan untuk menjadi anggota dari Bursa Efek supaya dapat melakukan perdagangan saham dengan memakai sistem serta sarana pada bursa.

Referensi Sekuritas Terbaik Indonesia

Indopremier Sekuritas (IPOT)

Aplikasi saham yang dimiliki Indopremier yaitu IPOT atau kependekan dari IndoPremier Online Trading.

Indopremier memiliki cabang tidak hanya di Jakarta, namun juga ada di kota besar misalnya seperti IPOT Surabaya dan juga IPOT Bandung. Indopremier merupakan salah satu sekuritas terbaik yang dapat digunakan pemula, karena memiliki fasilitas lengkap, namum tidak mahal.

Tidak Terdapat Setoran Modal Minimum

Tidak ada syarat khusus untuk modal minimum yang diperlukan ketika melakukan pembukaan rekening saham pada Indopremier. Nasabah tidak diwajibkan untuk menyetor dana ketika membuka rekening.

Jadi, nasabah akan menyetor dana ketika melakukan transaksi pembelian saham dan nominalnya sebesar nilai beli saham saja. Misalnya, jika nila trading saham Rp 200 ribu, berarti nasabah hanya menyetor Rp 200 ribu saja ke Indopremier.

Cara Mendaftar Indopremier Sekuritas

Kelebihan yang dimiliki Indopremier yaitu dapat membuka rekening secara online hanya dengan waktu 1 hari saja dengan syarat harus memiliki e-KTP.

Mandiri Sekuritas

Mandiri sekuritas memiliki reputasi yang baik bagi investor ritel, terutama pada aplikasi sahamnya yang dikenal dengan kemudahanan penggunannya. Aplikasi Mandiri Sekuritas disebut dengan MOST (Mandiri Sekuritas Online Trading).

Beberapa kelebihan yang dimiliki yaitu:

  1. Merupakan sekuritas BUMN yang terbesar dan teraktif pada bursa
  2. Pendaftarannya dapat dilakukan secara online
  3. Mempunyai produk investasi di pasar modal yang lengkap
  4. Memiliki koleksi Reksadana di Most yang sangat lengkap
  5. Terdapat fasilitas pelatihan pada kelas dilakukan secara tatap muka yang komprehensif
  6. Terdapat juga fasilitas training secara online
  7. Bisa mengakses hasil riset dan update harian

Minimal deposit pada Mandiri Sekuritas

  1. Jenis akun yang dapat dipilih : Reguler, Syariah, dan Full Service
  2. Setoran awal minimum ketika pembukaan akun : mahasiswa Rp 2 juta, umum Rp 5 juta, full service Rp 100 juta.

Stockbit – Sinarmas Sekuritas

Stockbit merupakan salah satu aplikasi untuk komunitas saham online yang telah berkembang menjadi sarana untuk melakukan perdagangan saham.

Aplikasi ini berbeda dari aplikasi saham lainnya. Pada aplikasi ini kita dapat bergabung dengan komunitas saham, forum komunikasi antar investor baik bagi pemula maupun yang sudah ahli.

Kelebihan yang dimiliki:

  1. Tempat forum chat antar nasabah, sehingga bisa mendapat berbagai update informasi tentang saham secara realtime.
  2. Aplikasi ini mempunyai desain tampilan yang mudah digunakan.
  3. Informasi laporan keuangannya disajikan secara komprehensif dan mudah dibaca.
  4. Memiliki fitur yang dapat digunakan untuk memilih saham berdasar pada kriteria tertentu.
  5. Proses pembukaan rekeningnya melalui aplikasi Stockbit.

BNI Sekuritas

PT BNI Sekuritas bergerak pada bidang pasar modal yang terdiri dari perdagangan saham, surat hutang, investment bankin serta assets managemen yang mempunyai Izin Usaha Perusahaan Efek.

Pada BNI terdapat dua fasilitas untuk transaksi saham yaitu online dan hybrid. Untuk yang online berarti calon nasabah akan melakukan transaksi sendiri melalui aplikasi saham tanpa bantuan dari team sales yang ada di kantor BNI Sekuritas. Sedangkan untuk yang hybrid berarti proses transaksinya dengan bantuan sales.

Kelebihan yang dimiliki:

  1. Jumlah setoran minimumnya Rp 1 juta (vs Rp 5 juta pada hybrid)
  2. Fee penjualan saham 0.25% (tidak terdapat minimum fee)
  3. Fee pembelian saham 0.15% (tidak terdapat minimum fee)
  4. Transaksi dapat dilakukan melalui ponsel dan desktop (PC/Laptop) dengan aplikasi esmart.

CIMB Sekuritas

Perusahaan sekuritas terbaik indonesia  ini mempunyai layanan research report, laporan riset secara berkala yang memiliki kualitas bagus. Akses research emiten saham dari analisis itu hal yang penting, sayangnya mahal terutama bagi investor ritel. Nah, pada CIMB Sekuritas ini menyediakan layanana riset secara gratis sehingga dapat dimanfaatkan.

Kelebihan yang dimiliki:

  1. Mempunyai laporan riset yang baik dan secara rutin dipublikasikan serta komperhensif.
  2. Laporan risetnya tidak terbatas hanya untuk wilayah Indonesia saja, namun juga pada seluruh ASEAN tempat dimana CIMB beroperasi.
  3. Nasabah dapat memperoleh akses gratis terhadap laporan riset.

Aplikasi perdagangan saham dapat diakses melalui PC/Laptop lewat situs trading CIMB Securities. Selain itu dapat diakses melalui aplikasi CGS-CIMB iTrade Cimb Sekuritas.

Review Broker Saham

Sebenarnya tidak ada sekuritas yang sempurna. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini hal penting yang perlu diperhatikan ketika hendak mencari sekuritas terbaik:

  1. Menentukan jumlah uang yang ingin diinvestasikan pada pasar modal. Hal ini berkaitan dengan jumlah minimum setoran modal karea pada setiap broker memiliki kebijaksanaan yang berbeda.
  2. Melakukan uji coba (apabila memungkinkan) pada setiap aplikasi saham tujuannya agar Anda dapat merasa yakin untuk melakukan transaksi menggunakan aplikasi tersebut.
  3. Berjaga-jaga dengan melakukan diversifikasi, sehingga apabila terdapat masalah pada suatu broker, Anda masih memiliki simpanan pada broker lain.
  4. Tersedia banyak bahan yang dapat dipelajari pada setiap sekuritas. Selain itu juga Anda bisa memanfaatkan pelatihan gratis supaya mempunyai pemahaman yang lebih dalam mengenai transaksi, perdagangan, broker, serta sekuritas saham.
  5. Menyiapkan diri untuk menerima kenyataan bahwa tidak ada sekuritas yang sempurna, jadi Anda harus benar-benar memilih mana yang terbaik menurut Anda.

Baca Juga: 

 

Penutup

Selain dari ke 5 perusahaan sekuritas terbaik indonesia yang telah kami sebutkan di atas, Anda juga dapat melihat daftar sekuritas terbaik lainnya yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI). Sedangkan untuk daftar lengkap serta profil perusahaan sekuritas Anda dapat melihatnya melalui situs IDX. Semoga bermanfaat!

Sekian artikel dari PartnerBisnismu, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian semua!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *