Cara Membuat Donat Kentang Anti Bantet

Penasaran dengan cara membuat donat kentang yang mudah dan enak? langsung saja simak ulasan berikut ini dan jangan pernah lewatkan informasi dari PartnerBisnismu.

Mungkin ada ribuan cara membuat donat di internet, tapi tidak semuanya berfungsi saat Anda mengolahnya, meski resepnya sama. Donat sendiri merupakan jajanan gorengan dengan bahan masakan biasa yang terdiri dari tepung terigu, telur, mentega, dan gula.

Namun seiring berjalannya waktu, donat telah mengembangkan resep-resep yang salah satunya adalah donat kentang. Donat kentang berbeda dari donat yang dijual pada umumnya, karena donat tersebut tidak menggunakan tepung terigu, tetapi kentang tumbuk atau tepung kentang.

Sejarah Donat Kentang di Dunia

Siapa Bilang Keripik Kentang Baru muncul di Dunia perbelanjaan? Donat goreng kentang sudah ada sejak abad ke-19 dan disebut spudnut. Pada 1950-an, ratusan toko roti muncul di Amerika Serikat yang menjual kentang goreng sebagai menu utama mereka.

Faktanya, bagaimanapun, kentang goreng telah diperkenalkan sejak 1900 dan 1938 ketika resep untuk kentang goreng pertama diterbitkan. Warga AS biasanya menyantap kentang goreng ini dengan kopi hitam panas.

Kelebihan Donat Kentang Daripada Donat Biasa

Di Indonesia, kentang goreng sangat mudah ditemukan dan Anda bahkan bisa membuatnya sendiri. Apalagi saat ini, ketika gorengan kentang lebih banyak diminati dibanding gorengan tepung terigu.

Ini karena beberapa keuntungan. Seolah teksturnya lebih lembut dan keras. Berbeda dengan donat tepung terigu yang memiliki tekstur keras dan agak kenyal. Selain itu, kandungan gizi kentang lebih baik dari tepung terigu dan cenderung lebih aman bagi penderita diabetes.

Tidak banyak yang tahu bahwa kentang goreng, meski dingin, tidak cepat mengeras. Semakin banyak kentang yang Anda gunakan dalam adonan, semakin pulen rasa donatnya. Cara membuat donat dari kentang semudah donat terigu.

Baca Juga: Cara menggunakan Telegram Untuk Bisnis

Cara Membuat Donat Kentang Anti Bantet

Tak perlu khawatir terlalu sibuk membuat Donat kentang, apalagi jika Anda mengikuti resep gorengan kentang di bawah ini. Donat Kentang goreng yang lembut, anak Anda pasti akan menyukainya!

Bahan yang dibutuhkan:

  • 550 gr tepung protein tinggi
  • 100 gr susu bubuk
  • 100 grgula pasir
  • 250 gr kentang kukus, haluskan
  • 12 gr ragi instan
  • 80 gr margarin
  • 4 btr kuning telur
  • 1/2 sd teh garam
  • 100 mili air dingin

Cara membuat donat kentang:

  • Siapkan wadah yang bersih. Masukkan tepung terigu, saringan, susu, gula dan ragi.
  • Tuangkan air dingin ke dalam wadah secara perlahan, diikuti dengan kentang dan telur. Campur semuanya sampai semuanya tercampur.
  • Uleni dengan tangan hingga adonan setengah halus dan rata. Tambahkan mentega dan garam dan uleni lagi hingga adonan halus sempurna.
  • Diamkan adonan dan tutup dengan plastik kedap udara selama kurang lebih satu jam.
  • Kemudian lipat adonan dan bagi menjadi beberapa bagian tergantung selera. Gunakan adonan agar donat bisa menghasilkan ukuran yang tidak berbeda. Jangan lupa saat kamu sedang membentuk lingkaran dan membuat lubang di tengahnya.
  • Biarkan selama 20 menit lagi atau sampai adonan sedikit mengembang.
  • Siapkan wajan dalam dan panaskan minyak goreng hingga setidaknya setengah penuh. Menggoreng donat membutuhkan banyak minyak panas. Karena kalau tidak, di luar gosong, tapi di dalam tidak matang.
  • Goreng donat dengan api kecil hingga berubah menjadi kuning keemasan dan sesekali memelintir.
  • Angkat donat dan tiriskan.

Macam-macam Topping untuk Donat Kentang

Agar lebih menggugah selera, Anda bisa menaruh pugas pada gorengan kentang. Biasanya Donat kentang goreng dihiasi dengan gula halus. Namun, Anda juga bisa mencoba cara lain dengan mencelupkan cokelat leleh yang kini tersedia dalam berbagai rasa.

Namun jika Anda menginginkan sesuatu yang istimewa, coba tiru glasir ala toko donat terkenal. Dengan glasir, Donat kentang goreng Anda akan terasa manis tetapi memiliki tampilan yang berkilau.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 500 gr gula halus
  • 120 gr susu sapi
  • ½ sd teh garam

Cara membuat:

  1. Siapkan wadah yang bersih.
  2. Masukkan gula halus sambil diayak hingga halus.
  3. Tuang susu sapi dan bumbui dengan garam. Campur dengan baik.
  4. Jika donat masih panas, masukkan ke dalam icing lalu bolak-balik sampai benar-benar tercakup dalam campuran gula.
  5. Angkat dan tunggu hingga kering.
  6. Donat mengkilap siap dinikmati!

Tips Cara Membuat Donat Yang Anti bantet

  1. Donat cepat digoreng. Jika Anda tidak bisa fokus sejenak, jangan kaget jika hasilnya hangus. Suhu terbaik untuk menggoreng donat adalah 360 hingga 375 derajat.
  2. Gunakan handuk kertas untuk menyerap minyak, bukan hanya mengeringkannya.
  3. Kukus kentang tanpa mengupas kulitnya! Hal ini agar saat kentang dikukus tidak menyerap banyak air. Kentang yang mengandung banyak air mengurangi rasa dari kentang itu sendiri.
  4. Pengaruh air dalam adonan kentang sangat penting. Jika adonan keras, itu tandanya air tidak cukup. Bunda bisa menyiasatinya dengan menambahkan air dingin hingga adonan empuk saat disentuh.
  5. Jangan tambahkan air ke margarin. Jika iya, donat bisa gagal!

Cara Menyimpan Donat supaya Awet

Waktu terbaik menikmati donat adalah saat masih hangat. Sayangnya, terkadang anak Anda merasa kenyang dan meninggalkan camilannya. Nah, Anda tidak perlu bingung! Anda bisa menyimpan donat untuk digunakan sebagai camilan keesokan harinya.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah memasukkan donat ke dalam wadah kedap udara dan menyimpannya pada suhu kamar. Selain itu, jauhkan dari tempat yang mengundang semut!

Hindari juga sinar matahari langsung. Dengan begitu, donat tidak akan mudah rusak. Selain kentang goreng yang cepat busuk, sinar matahari juga dapat melelehkan gula atau cokelat yang menjadi taburan gorengan.

Jika Anda ingin menikmatinya lagi keesokan harinya, jangan digoreng lagi! Menggorengnya lagi akan membuat donatnya berminyak. Anda harus bisa memanaskannya di dalam microwave selama lima detik. Dengan begini, donat akan lebih empuk.

Cara menyimpan donat yang aman lainnya adalah di dalam Frezzer. Jika Anda ingin menikmatinya lagi, yang harus Anda lakukan adalah mengeluarkannya, tunggu hingga meleleh, dan panaskan dalam microwave. Cara ini juga efektif jika donat memiliki isian atau krim yang berbeda. Karena donat yang memiliki isian lebih mudah basi.

Donat kentang dapat disimpan di dalam freezer hingga empat hari. Jika donat hanya disimpan pada suhu ruangan, maka bisa bertahan selama tiga hari.

Baca Juga: Cara Screenshot di Laptop Dengan Mudah

Kesimpulan

Sekian artikel dari PartnerBisnismu tentang cara membuat donat anti bantet dengan bahan kentang. Silahkan petunjuk cara pembuatannya diatas, jangan ada satupun hal yang Anda lewatkan. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *