Cara Membuat Goole Form Lewat HP dan Laptop

Pengen tau cara membuat Google Form? langsung saja simak artikel kali ini hingga selesai. Forms adalah sebuah teknologi serbaguna dimana untuk mengelola suatu data seperti tentang pendaftaran acara, membuat sebuah polling quick count, serta masih banyak lagi.

Dengan Google Forms, kalian juga dapat membikin dan menganalisis suatu survei dengan cara cepat secara online serta hasilnya instan. Bukan cuma itu, kalian bisa meringkas suatu hasil survei menggunakan diagram dan grafik.

Google Forms ialah semua yang kalian butuhkan untuk dapat mengumpulkan informasi yang penting secara mudah.

Google Forms hadir bersama Documents, Spreadsheet, serta Slide adalah suatu bagian dari sebuah rangkaian aplikasi bersifat online dari Google dimana untuk membantu kalian menyelesaikan banyak pekerjaan tentu saja secara gratis.

Sejarah Terciptanya Google Forms

Google Forms pada awalnya dimulai adalah sebagai fitur dalam Google Spreadsheet pada tahun 2008, dua tahun selanjutnya, Google menambahkan suatu fitur formulir pada Spreadsheet dalam suatu lembar terpisah.

Tak lama berselang, secara bertahap Google mulai banyak menambahkan berbagai fitur pada Forms, lalu Google pada akhirnya mengubahnya jadi sebuah aplikasi mandiri pada awal tahun 2016.

Sekarang kalian dapat membuat serta mengatur formulir pada docs.google.com/forms, dengan template serta akses cepat di dalam pembuatannya.

Google Forms adalah merupakan suatu alat formulir yang berfitur lengkap sekarang ini dimana tersedia gratis serta bisa kalian buat melalui sebuah akun Google kalian.

Ada beberapa langkah yang bisa kalian gunakan dalam membuat suatu Google Forms, berikut ini diantaranya:

  1. Dari forms.google.com, klik opsi Blank bisa juga pilih template.
  2. Dari drive.google.com, klik New > Lainnya. Pada samping Google Forms, arahkan pada Panah kanan lalu klik Blank form or From a template.
  3. Namai formulir kalian: klik Untitled form atau nama formulir template lalu masukkan nama baru,
  4. (Opsional) Tambahkan deskripsi: Di bagian bawah nama form, tambahkan teks kalian.
  5. (Opsional) Ubah warna pada latar belakang ataupun tema: Klik Palette (Palet Warna) lalu pilih warna ataupun tema.

Pada fitur ‘Editor’ akan sangat mudah bila dipelajari serta digunakan.. Klik pada bidang formulir dimana untuk mengeditnya serta menambahkan sebuah pertanyaan

Gunakan sebuah kotak dropdown yang ada di sebelah ‘field’ untuk kalian memilih bermacam pilihan yang dibutuhkan, seperti pilihan ganda, kotak centang, jawaban singkat, dan sebagainya.

Google Forms juga menawarkan beberapa menu pengaturan. Toolbar yang terletak di sebelah kanan dapat memungkinkan kalian menambahkan dengan lebih banyak suatu bidang pada formulir.

Di bagian menu kanan atas kalian dapat mengubah tentang skema warna form, melihat pratinjau formulir, pakailah menu Send untuk bisa berbagi formulir, dan akses ke opsi tambahan lainnya, termasuk menginstal fitur add-on untuk Forms.

Baca Juga: Cara Membobol WiFi

Cara Menambahkan Pertanyaan Pada Google Forms

  1. Klik Untitled Question lalu masukkan pertanyaan kalian.
  2. (Opsional) Untuk mengubah suatu jenis pertanyaan, klik panah arah bawah.
  3. Tambahkan dengan suatu opsi Respons (jika sesuai dengan pertanyaan Anda).
  4. (Opsional) Kemudian untuk bisa menentukan apakah seseorang wajib menjawab pertanyaan, klik Required.

Untuk kalian menambahkan dengan lebih banyak lagi pertanyaan, pilih satu opsi:

  1. Selanjutnya untuk kalian menambahkan pertanyaan baru, klik ‘Add Question’.
  2. Untuk menambahkan sebuah salinan pertanyaan yang telah ada, klik ‘Duplicate’.

Catatan: Perubahan yang kalian lakukan akan disimpan dengan cara otomatis. Untuk melihat kembali pratinjau perubahan kalian kapan saja, klik ‘Pratinjau’. Di pojok kanan atas

Cukup klik tanda ikon + pada side bar bagian kanan untuk kalian menambahkan pertanyaan baru, atau klik pada ikon teks, foto, atau video untuk kalian menambahkan media pada formulir

kalian dapat mengatur jenis pertanyaan pada kapan saja. Meskipun begitu, pengaturan forms juga akan distel ulang jika kalian beralih dari suatu pilihan ganda, kotak centang, atau menu pada jenis pertanyaan lainnya.

Untuk cepat dalam mengisi pertanyaan pada kolom, cukup kalian tekan enter dimana untuk mulai kalian menambahkan yang lain.

Baca Juga: Cara Mengganti Password WiFi

Cara Mengirimkan Google Forms yang Telah Dibuat

Bila kalian mau mengirimkan sebuah Forms, kalian dapat mengirimkannya dengan melalui email, copy, atau paste link di dalam pesan suatu chat atau email, di situs web, atau pada media sosial.

Cara Mengirim Google Forms Anda:

  1. Dikanan atas bagian Forms, klik Kirim (Send).
  2. (Opsional) Untuk mengumpulkan beberapa alamat email: Jika formulir sifatnya terbatas untuk organisasi kalian, kumpulkan semua alamat email dari anggota organisasi lalu kirimkan dengan cara bersamaan.
  3. Pilih dengan memakai metode apa kalian akan mengirim formulir:
  4. Masukkan suatu alamat email pada kolom Kepada (To) . kalian dapat menyesuaikan isi konten subjek serta pesan.
  5. Klik opsi ‘insert link’. kalian dapat mempersingkat alamat URL. Klik copy lalu paste link pada chat atau email.
  6. Untuk mengirimkan suatu Forms lewat sosial media, tinggal Klik pada salah satu logo ikon media sosial.

Itulah tentang bagaimana cara membuat Google Form dari PartnerBisnismu. Semoga bisa bermanfaat, salam sukses.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *